Post Top Ad

Cari Di Blog Ini

Tuesday, April 12, 2011

Manfaat Membaca al-Qur'an Untuk Rejeki, Jodoh, Dunia dan Akhirat

Al-quran adalah pedoman bagi manusia untuk menjalani kehidupan di dunia ini. berikut ini adalah keutaman bagi mereka yang membaca dan mengamalkannya.

    Setiap satu ayat akan mendapatkan balasan sepuluh pahala hal ini sesuai dengan hadits rasulullah yang diriwayatkan oleh Iman At-tirmidzi. Di dalam al-quran terdapat 325.015 ayat dan jika anda membacanya sampai khatam maka akan mendapatkan pahala sebanyak 3.250.150. maka anda jangan sungkan untuk membaca al-quran dan mengkhatamkannya. Para ulama biasanya mengkhatamkannya dalam waktu satu minggu.

    Allah akan mengangkat derajat orang-orang yang senantiasa membaca al-quran, apalagi bagi mereka yang memahami isi serta mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini sesuai dengan hadist rasulullah “sesungguhnya Allah mengangat derajat kaum dengan diturunkannya al-quran dan Allah merendahkan kaum lainnya.” (HR. Bukhari). Hal ini tentu saja berkaitan dengan kebiasaan membaca al-quran setiap harinya dimana dengan membaca al-quran dan mereka mengamalkannya maka derajatnya akan diangkat oleh Allah swt.

    Bagi mereka yang membaca al-quran meskipun tidak mengetahui artiny maka akan mendapatkan ketenangan jiwa dan raga. Hal ini sesuai denga firman Allah dalam surat al-isra surat ke 17 pada ayat 82 dimana diterangkan bahwa Allah menurunkan al-quran sebagai obat penyembuh jiwa sehingga bagi orang yang selalu membaca al-quran akan mendapatkan ketenangan jiwa dan dihindarkan dari masalah gundah, galau dan masalah hati yang tidak tenang. Maka  bagi anda yang saat ini sedang sakit dan sudah berobat namun belum kunjung datang kesembuhannya maka cara yang bisa anda lakukan dengan mudah dan cepat adalah dengan membaca al-quran.

    Keutamaan lain yang akan didapatkan oleh orang yang membaca al-quran adalah mendapatkan syafaat di hari kiamat nanti. Hal ini sesuai dengan sabda rasulullah saw yang diriwayatkan oleh Imam Muslim, yang berbunyi: “bacalah al-quran oleh kamu sekalian, karena bacaan al-quran yang dibaca ketika di dunia akan mendapatkan syafaat bagi orang tersebut di hari kiamat nanti.” Maka anda jangan ragu untuk membaca al-quran ketika anda masih bernafas dan dnyut jantung masih berdetak karena tidak akan memberikan kerugian dalam bentuk apapun. Al-quran adalah sebagai penolong bagi anda pada saat anda mendapatkan sengsara saat hari kiamat nanti.

    Bagi mereka yang membaca al-quran maka akan dihindarkan dari aduan rasulullah saw pada hari kiamat nanti, dimana di hari kiamat nanti Rasulullah akan mengadukan beberapa orang yang dikehendakinya. Jadi jika anda tidak mau mendapatkan aduan dari Rasulullah ketika hari kiamat nanti jangan sungkan untuk membaca al-quran dan juga jangan lupa tambahkan bacaan solawat nabi serta dzikir karena itu akan memudahkan kita semua mencapai syafaat yang melimpah sehingga lebih ringan dalam proses penghisaan di yaumul hisab. In sya allah.

Al-qur’an adalah kitab suci bagi umat islam yang di dalamnya tercantum kalam Allah. Kesucian al-qur’an sudah tidak bisa diragukan lagi dan merupakan kitab suci paling otentik serta tidak pernah mendapatkan gubahan dari pihak manapun sejak dari diturunkan oleh Allah kepada nabi Muhammad SAW hingga sampai saat ini dan hingga besok akhir dunia. mukjizat al-qur’an di dapatkan oleh nabi terakhir yaitu Muhammad SAW. Setiap ayat dalam al-quran diturunkan oleh Allah kepada nabi Muhammad SAW dengan melalui perantara malaikat jibril.

Membaca al-quran atau istilahnya mengaji adalah kewajiban bagi semua umat muslim di dunia karena di dalamnya lah para manusia mendapatkan petunjuk supaya dirinya bisa berjalan dan memilih kehidupan yang lurus sesuai dengan perintah serta larangan Allah swt. Tentu saja ini harus dilakukan demi mempertebal keimanan umat kepada Allah swt sang pencipta hidup. Mengapa kita semua harus mengaji? Apakah manfaatnya? Simak selengkapnya di artikel ini.

Manfaat dan Phadilah membaca al-qur’an


Membaca al-quran memiliki banyak manfaat yang tidak terduga bagi semua yang membacanya. Meskipun al-quran dituliskan dalam bahasa arab dan ada banyak warga  yang bahasanya bukan bahasa arab namun dengan membacanya saja tanpa harus mengetahui artinya sudah mendapatkan pahala dari Allah swt. Al-quran adalah satu-satunya bacaan yang akan membuat perubahan dalam hidup semua umat manusia tanpa harus mengerti apa artinya. Sangat dahsyat bukan manfaat membaca al-qur’an. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari membaca al-qur’an.

Membaca Alqur'an Bisa Memberikan Ketenangan

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh para ahli menunjukkan bahwa salah satu manfaat dari membaca al-quran adalah akan memberikan ketenangan bagi para pembacanya dan juga bagi para yang mendengarkannya hingga 97 persen. Menurut konferensi yang dilakukan oleh perserikatan ahli dokter islam melaporkan bahwa dengan membaca atau mendengarkan al-quran dapat membuat kehidupan menjadi mereka menjadi lebih tenang hingga 97 persen. Jadi, jika anda saat ini sedang merasa galau, gundah dan gulana maka janga sungkan untuk membaca kitab suci al-quran karena akan membuat masalah anda menghilang dengan perlahan.


Membaca Alqur'an Bisa Mengobati penyakit

Menurut penelitian dari pada ahli medis menunjukkan bahwa setiap atom dalam tubuh akan ikut bergetar ketika melantunkan atau mendengarkan kalam Allah dalam kitab suci al-quran. Getaran dalam atom ini akan berbeda-beda sesuai dengan frekuensi getaran yang masuk ke dalam atom tubuh. jadi sekecil apapun perubahan getaran dalam atom akan sangat berpengaruh pada kesehatan anda.

Dengan membaca al-quran maka frekuensi getaran pada atom yang tadinya tidak beraturan maka akan menjadi normal kembali dan hal itu pastinya akan berpengaruh pada kesehatan sehingga tubuh akan menjadi sehat kembali. Hal ini juga sempat dijelaskan oleh rasulullah pada hadistnya: “Hendaklah kamu menggunakan kedua oba-obatan: madu dan al-quran” (Hadits Riwatat Ibni Majjah dan Ibnu Mas’ud).


Membaca Alqur'an Bisa Mencerdaskan otak

Sebuah penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa dengan rutin membaca al-quran setiap habis magrib dan sehabis subuh maka akan menambah tingkat kecerdasan hingga 80 persen banyaknya. Hal ini juga terkait pada waktu tersebut terjadi pergantian waktu dari siang ke malam dan dari gelap ke terang. Pada waktu tersebut sangatlah krusial untuk kecerdasan otak sedangkan dengan membaca al-quran pada waktu tersebut berarti sudah ada tiga aktivitas yang dilakukan yaitu membaca, mendengarkan dan menghayati al-quran. Jadi, jika anda ingin pintar jangan hanya belajar saja ya namun juga harus diimbangi dengan membaca al-quran supaya lebih maksimal tingkat kepandaiannya.


Membaca Alqur'an Bisa Menghindari perbuatan buruk

Bagi umat yang senantiasa membaca al-quran pastinya akan selalu teringat kepada sang pencipta hidup Allah swt dan tentu saja ini sangat baik karena akan membuat kita merasa takut kepada Allah swt sehingga secara tidak langsung kita akan menghindari segala perbuatan buruk. Setiap akan melakukan perbuatan dosa pasti akan terasa bersalah dan saat itu juga hidupnya tidak akan tenang. Oleh karena itu manfaat membaca al-quran yang satu ini sangatlah baik bagi anda.


Membaca Alqur'an Bisa Menambah ilmu dan wawasan

Al-quran bukan hanya sebagai bacaan untuk menenangkan jiwa dan akal saja namun di dalamnya juga terdapat ilmu pengetahuan yang sangat luas. Ilmu pengetahuan yang ada di dalam al-quran sudah terbukti menyeluruh dan bukan hanya teori saja namun juga sudah terbukti kebenarannya. Di dalam al-quran banyak menjelaskan mengenai fenomena alam, masalah keluarga, sosial, kesehatan dan masih banyak lagi. Jadi jika anda terus membaca al-quran ditambah dengan membaca artinya maka ilmu dan wawasan anda juga akan bertambah.


Membaca Alqur'an Bisa Al-quran memberikan petunjuk

Secara tidak langsung jika anda senantiasa membaca al-quran maka anda akan mendapatkan petunjuk dari Allah swt terutama saat anda sedang merasa kesusahan dan putus asa. Hal ini disebabkan karena di dalam ayat al-quran selalu terkandung manfaat untuk selalu teringat akan Allah swt dan terhindar dari perbuatan dosa dan maksiat.


Membaca Alqur'an Bisa Mendapatkan pertolongan di hari kimat

Sesuai dengan perintah dari rasulullah saw mengatakan bahwa orang yang senantiasa membaca al-quran akan mendapatkan manfaat bukan hanya di dunia saja namun juga akan mendapatkan syafaat pada hari kiamat. Jadi anda jangan sungkan untuk membaca al-quran setiap harinya ya.

Itulah manfaat yang bisa dipetik dari membaca al-quran atau mengaji. Ternyata manfaatnya ini sangatlah banyak dan baik ya. maka jangan sungkan untuk membacanya karena tidak ada kerugian sedikitpun.

Itulah lima keutamaan dalam membaca al-quran yang perlu anda ketahui supaya anda tidak ragu lagi membaca al-quran.

Extra Ads