Manfaat Menangis Yang Tak Pernah Kau Tangisi - DESTINAGIRLS

Hot

Post Top Ad

Wednesday, May 15, 2013

Manfaat Menangis Yang Tak Pernah Kau Tangisi

Menangis sering dikaitkan dengan perasaan sedih, marah, senang, atau tertawa geli. Dan menangis ternyata baik untuk kesehatan, bukan hanya sekadar melepaskan emosi.

Menurut laman Netdoctor, wanita lebih sering menitikkan air mata ketimbang pria. Wanita bisa menangis 47 kali dalam setahun, sementara laki-laki hanya 7 kali.

Berikut enam alasan menangis baik untuk kesehatan, dilansir dari laman Goodhousekeeping, Kamis (10/3/2016):

1. Stres dan tekanan


Seperti yang sudah disinggung, menangis bisa membantu melepaskan emosi. Menangis juga berperan mengurangi kegalauan, stres, tekanan, serta meringankan beban pikiran. Semakin lama kita menahan emosi, semakin besar kemungkinan kita untuk lepas kendali.
MenurutNetdoctor, sekitar 88,8 persen orang merasa lebih lega setelah menangis dan 8,4 persen lainnya justru merasa semakin terpuruk.

2. Membuat lebih bahagia


Menangis dan merasa sedih serta ketika ingin menangis sangat penting, memungkinkan kita merasakan setiap emosi dalam bentuk yang paling mendasar. Artinya kita bisa benar-benar menghargai ketika tengah berbahagia dan menikmati momen menyenangkan. Setiap kali kita terpuruk, menangis, dan berusaha bangkit kembali, kita meyakinkan diri sendiri bahwa kita cukup kuat untuk melakukan hal itu.

3. Mengeluarkan racun


Seperti semua cairan lain yang keluar dari tubuh, air mata membantu kita mengeluarkan racun. Ketika menangis, air mata mengeluarkan kimia tubuh yang terbentuk karena stres.

4. Membersihkan hidung


Air mata mengalir melalui saluran air mata, melewati rongga hidung tempat mereka bersentuhan dengan mukus. Bila ada mukus yang menumpuk di sana, air mata bisa mendorongnya keluar dari hidung. Pernah mendapati Anda mengeluarkan ingus ketika menangis?

5. Menurunkan tekanan darah


Studi menemukan, menangis bisa menurunkan tekanan darah dan detak jantung. Dampak ini terlihat pada mereka yang telah melalui sesi terapi intens yang memungkinkan mereka banyak menangis.

6. Membersihkan mata


Bola mata memerlukan pelumas yang terus-menerus untuk melindunginya dari debu dan bakteri. Bila mata kita bersentuhan dengan debu atau bakteri, mata akan mulai berair dan menciptakan air mata antibakteri untuk menyapunya. Begitu lah manfaat menangis.

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad