Sekolah Jurusan dan Prospek Kerja Pariwisata - DESTINAGIRLS

Hot

Post Top Ad

Friday, May 10, 2013

Sekolah Jurusan dan Prospek Kerja Pariwisata

Jurusan Prospek Kerja Pariwisata . Kalau kuliah di pariwisata, setelah lulus mau jadi apa?. Adakah yang pernah ditanya seperti itu?

Pendidikan pariwisata memang dapat dikatakan masih sangat baru di Indonesia. Kita tentu memaklumi hal ini, mengingat ilmu pariwisata baru diakui secara resmi sebagai ilmu mandiri pada tahun 2008. Jauh sangat baru dibandingkan dengan ilmu-ilmu lainnya. Bahkan lulusan pendidikan pariwisata di Indonesia masih terbilang sedikit.

Cari : Makalah Konseling Prospek Kerja Pariwisata

Lalu, muncul pertanyaan, apakah dengan ilmu yang tergolong muda ini seorang lulusan pariwisata dapat berhasil di masa depan, mendapat kesejahteraan hidup seperti lulusan-lulusan jurusan lainnya.

Pada artikel ini, sahabat Studi Pariwisata akan mendapat informasi mengenai inforamsi beberapa program studi yang ada dalam pendidikan pariwisata beserta peluang kerja apa saja yang sesuai dengan keilmuan program studi tersebut.

Pengetahuan ini sangat penting bagi mahasiswa pariwisata maupun calon mahasiswa yang sedang memilih-milih jurusan yang akan menjadi tempat belajar beberapa tahun yang akan datang.

Di bawah ini akan disajikan Informasi mengenai jurusan dalam ilmu pariwisata serta prospek kerja lulusannya.

Jurusan Hospitality / Pengelolaan Pariwisata


Jurusan ini menerapkan program pendidikan pariwisata yang berbasis keilmuan hingga pengambilan keputusan mengenai kebijakan pariwisata.

Fokus keilmuan yang dipelajari pada jurusan hospitality adalah pendidikan ataupun pengetahuan dalam hal manajemen pariwisata dan keakomodasian pada umumnya. Karena sifatnya keilmuan, maka lulusannya berhak menyandang gelar Sarjana Pariwisata (S.Par).

Dalam hal prospek kerja, lulusan dari jurusan hospitality dapat bekerja di bidang industri pariwisata, pemerintahan, peneliti, konsultan pariwisata, dan dosen/guru yang professional dalam bidang pariwisata.


Jurusan Usaha Perjalanan Wisata


Berbeda halnya dengan jurusan hospitality yang berbasis keilmuan, jurusan Usaha Perjalanan Wisata memiliki basis vokasi dengan jenjang Ahli Madya. Pendidikan yang diberikan pada jurusan ini merupakan pendidikan ketrampilam dalam bidang pengelolaan Usaha Perjalanan Wisata (tour)l khususnya dibidang produk jasa perjalanan wisata, chargo/kurir, ticketing, guiding serta Produk lainnya. Sehingga prospek kerja lulusannya juga pada bidang yang disebutkan di atas.

  • Lulusan dari jurusan ini akan mendapat gelar Ahli Madya Pariwisata (A.Md. Par)
  • Salah Satu Kegiatan Mahasiswa Jurusan Usaha Perjalanan Wisata (UPW)
  • Salah Satu Kegiatan Mahasiswa Jurusan Usaha Perjalanan Wisata (UPW)
  • Jurusan Manajemen Bisnis Perjalanan Pariwisata

Selanjutnya kita menuju ke jurusan yang satu rumpun dengan jurusan usaha perjalanan wisata, yaitu jurusan manajemen bisnis perjalanan wisata.

Perbedaan antara jurusan ini dengan  jurusan usaha perjalanan wisata adalah pada jurusan ini pendidikan vokasi yang diterapkan setara dengan jenjang sarjana Strata Satu ( S1) atau disebut dengan Diploma 4 (D4). Oleh karenanya gelar lulusannya pun berbeda, yaitu Sarjana Sain Terapan Pariwisata (S.ST.Par)

Keterampilan yang diajarkan pada jurusan ini meliputi Manajemen/pengelolaan bidang Usaha Wisata baik manajemen Travel Biro dan Pariwisatal secara keseluruhan maupun dibidang produk jasa wisata perjalanan wisata, chargo/kurir, ticketing, guiding serta Produk lainnya.

Untuk prospek kerja, lulusan manajemen perjalanan wisata dapat bekerja dalam bidang industri tour dan travel seperti: Ticketing, Tour Planner, Guide, Cargo/Peti Kemas-Ekspedisi, Transportasi dan sebagainya. Disamping itu, juga untuk memenuhi kebutuhan Dosen/Guru praktisi dibidang pariwisata, dan bidang Pemerintahan – Pariwisata.

Jurusan Perhotelan & Administrasi Hotel


Jurusan perhotelan dan adiministrasi hotel merupakan jurusan yang memiliki kemiripan dari segi program pendidikannya yang bersifat vokasi. Namun, perbedaan kedua jurusan ini terletak pada jenjangnya.

Jurusan perhotelan merupakan jurusan dengan jenajng pendidikan diploma 3 (D3) sehingga gelar lulusannya adalah Ahli Madya Pariwisata (A. Md. Par), sementara jurusan administrasi hotel memiliki program pendidikan jenjang diploma 4 (D4) sehingga gelar lulusannya adalah Sarjana Sain Terapan Pariwisata (S.ST. Par).

Dalam hal prospek kerja, kedua jurusan ini sama seperti namanya tentu akan lebih profesional bekerja pada bidang industri perhotelan. Namun, tidak menutup kemungkinan lulusan jurusan perhotelan maupun administrasi hotel dapat dengan profesional bekerja pada bidang usaha Restaurant & bar, CafĂ©, Catering, Laundry, Bakery dan sebagainya. Disamping itu, juga untuk memenuhi kebutuhan tenaga pengajar Dosen/Guru praktisi dibidang pariwisata dan bidang Pemerintahan – Pariwisata.

Nah, itu tadi sekilas beberapa jurusan dalam pendidikan pariwisata beserta prospek kerjanya. Semoga bermanfaat bagi sahabat Studi Pariwisata sekalian :)

Oh ya, jurusan yang disebutkan di atas penjelasannya diambil berdasarkan apa yang tertulis di situs web salah satu sekolah tinggi pariwisata di Yogyakarta, yaitu situs web Sekolah Tinggi Pariwisata AMPTA Yogyakarta.

Tentu setiap institusi pedidikan pariwista memiliki karakter jurusan yang berbeda-beda. Oleh karena itu sangat diharapkan komentar dari sahabat Studi Pariwisata sekalian jika ada kesalahan dalam penjelasan maupaun jika sahabat ingin menambahkan penjelasan mengenai jurusan lainnya yang ada dalam ilmu pandidikan pariwisata.

Semoga bermanfaat
Salam #WonderfulIndonesia! ^^

Sumber : StudiPariwisata.com

Cari Juga

  • sekolah tinggi pariwisata bali

  • jurusan stp bandung

  • syarat masuk sekolah tinggi pariwisata bandung

  • smk jurusan pariwisata

  • biaya sekolah tinggi pariwisata bandung

  • apa saja yang dipelajari di jurusan pariwisata

  • akademi pariwisata

  • jurusan destinasi pariwisata

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad