Post Top Ad

CARI DI GOOGLE

Friday, November 25, 2011

Cara Melunasi Hutang dengan Niat, Tekad dan 29 langkah ini

Setelah mengenal Dave Ramsey lebih jauh, kini saatnya Anda mempelajari cara melunasi hutang ala resep Dave Ramsey, pendiri perusahaan yang bebas hutang. Mau jadi seperti Dave Ramsey? Ikuti 29 cara melunasi hutang berikut ini:

  • Memanfaatkan Peluang




Carilah promo-promo seperti kupon atau discount code yang tentunya akan membantu Anda menghemat sedikit uang. Contohnya adalah kupon promo yang diperjualbelikan di Groupon atau Disdus atau kupon promo lainnya.

Baca Pula : Makalah Sumber Makalah Hutang

  • Hentikan Iuran yang memboroskan


Seiring kemajuan teknologi informasi, kini Anda dapat menonton acara dan film Hollywood terbaru di internet. TV kabel kini bukan lagi kebutuhan, namun hanyalah pemborosan di rumah Anda!


  • Hindari Makan di Luar


Jika Anda pernah mencatat pengeluaran Anda, tentunya sangat jelas bahwa hampir 60% pengeluaran Anda adalah untuk memenuhi kebutuhan pangan. Namun apakah penting untuk selalu makan di restoran atau di café? Nyatanya Anda dapat menghemat banyak hanya dengan membiasakan makan di rumah lho.


  • Biasakan MEMINJAM Buku

Apakah Anda gemar membaca buku? Seringkah Anda membaca satu buku berulang-ulang? Jika jawabannya tidak, maka Anda dapat memangkas biaya pembelian buku dengan cara meminjam buku di perpustakaan. Anda dapat membaca buku yang sama dengan harga yang lebih murah dan tidak perlu menyediakan ruangan untuk menyimpan buku-buku tersebut. Hemat bukan?


  • Rencanakan Belanja Bulanan

Pembelian impulsif seringkali terjadi hanya karena lapar mata. Lapar mata disebabkan oleh kurangnya perencanaan dan anggaran dalam belanja bulanan. Mulailah buat daftar kebutuhan beserta anggarannya untuk menghindari belanja bulanan yang boros dan berlebihan.


  • Belajar Mengatakan TIDAK

Dalam mengatur keuangan, Anda harus belajar untuk mengatakan TIDAK. Mengapa demikian? YES bukanlah sikap yang baik, terutama dalam sebuah hal yang sangat utama, yaitu uang.


  • Hentikan Memanjakan Anak

Anak tidak pernah memahami dan memaklumi kondisi keuangan Anda. Untuk menghindari malapetaka keuangan, jangan meng-iyakan semua permintaan buah hati Anda.


  • Stop Hobi Mahal

Apakah Anda memiliki hobi mengoleksi motor gede? Atau mungkin hobi menonton konser di luar negeri? Sebenarnya memiliki hobi itu sah-sah saja, namun Anda juga perlu merencanakan anggarannya. Jangan sampai seluruh uang habis tersalurkan hanya semata-mata demi memenuhi hobi mahal itu.


  • Biasakan Menjual Barang Bekas

Lihatlah ke sekeliling Anda saat ini juga: Apakah Anda melihat satu atau dua benda yang sudah hampir bertahun-tahun tidak digunakan? Mungkin ini saatnya membersihkan rumah dan menjual barang-barang bekas tersebut. Menumpuk barang bekas tidak pernah ada gunanya. Jika tidak digunakan, jual sekarang juga!


  • Jual Mobil Anda

Apakah Anda pernah mendengar tiga kebutuhan pokok? SANDANG, PANGAN, dan PAPAN. Apakah mobil termasuk di dalamnya? Nyatanya tidak. Mobil bukanlah kebutuhan pokok karena Anda masih dapat menggunakan transportasi umum. Mobil hanyalah menumpuk tagihan seperti asuransi mobil, biaya service tahunan, bensin, dan pajak kendaraan bermotor.


  •  Hindari Mencari Alasan

Ketika Anda selalu mencari alasan saat hutang belum lunas, itu menunjukkan bahwa Anda belum siap untuk bebas dari hutang. Untuk bebas dari hutang, Anda perlu memantapkan diri dan berhenti mencari alasan. Tidak ada yang mustahil selama Anda berusaha.


  • Jangan Gunakan Kartu Kredit

Kesalahan paling umum yang dilakukan pemilik hutang adalah menyalah gunakan kartu kredit. Kartu kredit bukanlah kartu ajaib yang membayar seluruh transaksi Anda, namun hanya kredit jangka pendek yang memudahkan transaksi. Hentikan penggunaan kartu kredit jika Anda selalu kesulitan membayar tagihannya.


  • Biasakan Menggunakan Uang Tunai

Penggunaan uang tunai merupakan cara yang aman dalam mengontrol keuangan. Anda dapat membatasi uang tunai yang dipegang, dan tentunya Anda akan berhenti membeli saat uang habis. Itulah mengapa uang tunai jauh lebih aman daripada kartu kredit.


  •  Ikuti Anggaran yang Sudah Anda Buat

Percuma membuat anggaran setiap bulan jika Anda selalu gagal mengikutinya. Patuhilah anggaran tersebut, karena anggaran itu bukan hanya pajangan, namun sebuah alat bantu yang baik dalam perencanaan keuangan Anda.


  • Menyatukan Akun Perbankan

Memiliki banyak akun perbankan hanya akan membuat Anda pusing dan terkadang ada yang terlewat. Jika Anda sudah berkeluarga, tidak ada salahnya menyatukan akun perbankan suami dan istri sehingga ada transparansi dan tentunya memudahkan pengaturan keuangan.


  •  Berhenti Berinvestasi

Tentunya Anda berpikir bahwa hanya orang gila yang menyarankan untuk berhenti berinvestasi. Seluruh perencana keuangan Anda tentunya mengungkapkan bahwa investasi adalah salah satu kunci kebebasan keuangan. Namun nyatanya hutang tidak akan pernah habis jika mayoritas uang Anda dialokasikan dalam investasi. Lunasi dahulu hutangnya, barulah Anda dapat berinvestasi dengan lebih baik.

  • Berdoa Nomor 1
 Bedoa tiada henti. Pahamkan

  • Manfaatkan Tax Refund untuk Membayar Hutang

Jangan biarkan tax refund Anda sia-sia. Tax refund juga dapat digunakan sebagai salah satu sumber tambahan dalam melunasi hutang lho.


  • Mulai Menyiapkan Dana Darurat

Mulailah menyiapkan dana darurat untuk menghindari tambahan hutang. Jika sulit, Anda dapat memulai dengan nominal yang kecil terlebih dahulu, baru lama kelamaan siapkan dana darurat yang ideal, yakni sebesar 6 hingga 12 kali gaji bulanan Anda.


  • Miliki Keuangan yang Lebih Baik daripada Teman Anda

Jika teman Anda bukanlah individu yang bebas hutang. Jangan mencontoh keputusan-keputusannya. Jadilah seseorang dengan keuangan yang lebih baik 10 tahun kemudian, dimana Anda sudah terbebas dari hutang dan teman Anda masih bekerja keras membayar cicilan KPR-nya.


  •  Mengamati Setiap Rupiah yang Anda Miliki

Anda perlu memantau setiap pemasukan dan pengeluaran Anda secara berkala. Apa tujuannya? Tujuannya tak lain adalah untuk menemukan celah-celah keuangan Anda. Sebagai contoh, Anda akan tahu mana bagian yang dapat dihemat dan mana yang perlu diperbaiki.


  • Ingat Sedekah

Menghemat dengan cara sedekah? Mana bisa? Percayalah, Anda tidak akan pernah kekurangan dengan memberi. Seluruh rezeki Anda bersumber dari-Nya, maka sedekah tidak akan mengurangi harta Anda.


  • Mintalah Kenaikan Gaji

Kenapa tidak? Meminta kenaikan gaji yang sepadan dengan kontribusi Anda terhadap perusahaan tidaklah salah. Hal ini perlu dilakukan untuk menjamin kerja keras Anda dihargai oleh perusahaan.


  • Hindari Berhenti dari Pekerjaan Tetap Anda

Jika Anda terpikir untuk mencari pekerjaan tambahan atau mencari pekerjaan lain? Boleh saja, namun jangan pernah berhenti dari pekerjaan tetap Anda sebelum memperoleh alternatif yang jauh lebih baik.


  • Carilah Pekerjaan Sampingan

Kunci dari berhemat bukan hanya memotong pengeluaran, namun dapat juga ditempuh dengan cara menambah pemasukan. Salah satu solusinya adalah dengan mencari pekerjaan sampingan yang fleksibel modal dan waktu, sehingga tidak mengganggu pekerjaan tetap Anda.


  •  Hindari Godaan Investasi Bodong

Godaan investasi bodong kini ada dimana-mana. Namun saat Anda ingin berinvestasi, ingatlah untuk tidak SERAKAH. Tidak ada investasi bebas risiko yang memiliki keuntungan berlipat-lipat. Carilah investasi yang aman dan wajar.


  •  Jagalah Kesehatan Jasmani dan Rohani

Jika Anda memiliki banyak hutang, jangan bekerja terus-terusan sampai melupakan kesehatan Anda. Ingatlah bahwa kesehatan itu mahal, dan menjaga kesehatan itu penting bukan hanya bagi organ tubuh Anda, namun juga bagi kondisi keuangan Anda.


  • Biasakan Membaca Buku

Menambah ilmu tidak pernah ada salahnya, dan membaca buku dapat menjadi salah satu caranya. Asalkan buku yang dimaksud dipinjam di perpustakaan seperti tips sebelumnya ya.

  • Belajar dari Sang Ahli

Menambah ilmu juga bisa dilakukan dengan belajar dari seseorang yang berpengalaman. Misalkan carilah seseorang yang berhasil mengatasi hutang-hutangnya dan pelajari tips-tipsnya.


Sumber Referensi:

Finansialku CTB : Dave Ramsey. 29 Ways To Leap Out of Debt. Daveramsey.com – https://goo.gl/vXschq

Artikel Penting tentang Hutang

Cari Di Blog Ini

Extra Ads