Post Top Ad

Cari Di Blog Ini

Thursday, May 2, 2013

Buktikan Cara Ini, Rizki Lancar dengan Al-Waqiah


Surat Al Waqiah – Sebagai seorang muslim kita tentu sudah sangat familiar dengan Surat al Waqiah. Surat al Waqiah ini merupakan salah satu surat yang ada di dalam al-Quran, kitab suci agama Islam. Banyak manfaat yang akan kita peroleh apabila rajin membaca surat Surat al Waqiah tersebut. Membaca lalu menyempurnakannya dengan doa, maka Allah akan lapangkan pintu rezeki bagi kita,

Al-Quran adalah pedoman hidup bagi umat Islam, di dalamnya terkandung banyak pelajaran dan hikmah yang dapat kita jadikan pedoman dalam menjalani kehidupan ini. Al-Quran menjadi mukjizat terbesar yang Allah berikan kepada Rasulullah SAW. Kitab suci ini otentik dan berlaku sepanjang zaman.

Rajin membaca al-Quran merupakan kemudahan yang Allah berikan. Berbahagialah apabila kita termasuk hamba-Nya yang rajin membaca al-Quran, sebab sangat banyak manfaat yang akan kita dapatkan. Begitupula saat membaca surat al Waqiah ini, akan banyak manfaat dan berkah yang akan dilimpahkan pada kita. Semua surat-surat yang ada dalam al-Quran memiliki manfaat, namun semua surat dalam al-Quran tersebut juga memiliki keistimewaan masing-masing.

Perihal surat al Waqiah ini sebaiknya kita rutin membacanya dua kali dalam sehari, tepatnya satu kali setelah shalat Shubuh, dan satu kali setelah shalat Ashar. Hal ini tidak terlepas dari manfaat surat al Waqiah itu sendiri yang mana surat ini merupakan Suuratul Ghina – yakni surah dalam al-Quran yang dianjurkan dibaca bagi hamba yang ingin kaya. Banyak yang sudah membuktikan keajaiban dari surat al Waqiah ini.

Tidak perlu pesimis jika ada orang-orang yang mengatakan:

  • “Bukankah al-Quran itu tidak cukup dibaca saja? Kita kan harus tahu arti dan mengamalkannya”.
  • “Loh, udah baca Quran kok masih mengharapkan kesenangan dunia? Berarti ga ikhlas ya bacanya”.

Sungguh, yang demikian Allah datangkan kepada kita sebagai ujian. Jadi, jangan sampai kita berhenti melakukan hal baik karena terpengaruh penilaian orang terhadap kita. Cukuplah Allah yang menjadi juri kita. Allah memberi pahala kebaikan dan banyak keberkahan bagi sesiapapun yang rajin membaca surat-surat yang ada di dalam al-Quran. Dan semoga kita menjadi salah satu hamba-Nya yang rajin mengagungkan firman-Nya. Termasuk rajin membaca surat al Waqiah ini.
Lalu Kenapa Harus Surat al Waqiah? Apa Saja Isi Kandungan dari Surat al Waqiah?

Memang di dalam surat al Waqiah ini tidak secara gamblang dibahas tentang rezeki dan kekayaan dunia. Baghkan jika menilik kandungannya, surat al Waqiah ini justru membahas banyak hal tentang Tauhid (keyakinan terhadap Allah SWT).

Sebagai seorang hamba kita harus benar-benar meyakini bahwa Allah adalah pencipta dunia beserta segala isinya. Kita harus yakin bahwa Allah adalah pencipta langit dan bumi, pohon-pohon, air, buah-buahan hingga semua rezeki yang dikaruniakan kepada umat manusia. Semua ciptaan Allah pun tunduk kepada-Nya.

Surat al Waqiah tidak hanya membahas banyak hal tentang Tauhid. Allah juga menerangkan bahwa Allah menciptakan manusia ke dalam tiga golongan. Golongan yang dimaksud adalah Golongan Kanan, Golongan Kiri dan Golongan Terdahulu. Dan setiap golongan tersebut akan mendapatkan balasan di akhirat nanti.

Disebutkan dalam beberapa riwayat bahwa Rasulullah SAW bersabda yang kesimpulannya adalah sebagai berikut :

  • Surat al Waqiah merupakan surat kekayaan, untuk itu rajinlah membaca surat al Waqiah lalu ajarkan pula kepada anak-anak kalian.
  • Apabila seseorang membaca surat al Waqiah pada tiap malam, maka Allah tidak akan menimpakan keimiskinan kepadanya.
  • Ajarkan kepada istri kalian untuk membaca surat al Waqiah, sebab surat ini adalah surat kekayaan.

Demikian istimewa kedudukan surat al Waqiah untuk melapangkan pintu rezeki dari Allah untuk kita. Oleh karena itu mari sama-sama membiasakan diri untuk membaca surat al Waqiah secara rutin, bisa pagi atau malam. Banyak berkah dan dengannya Allah akan memberikan kekayaan dan menjauhkan diri kita dari kemiskinan.

Sedangkan menurut fatwa sebagian Ulama’ menjelaskan:

“Sesiapapun yang membaca surat al Waqiah setiap hari, dalam satu majelis membaca 40 kali, dan selama 40 hari, maka Allah akan melapangkan pintu rezeki tanpa ada kesulitan di dalamnya. Bahkan Allah akan mengalirkan rezeki itu terus menerus hingga ke berbagai penjuru dunia, akan banyak keberkahan yang kita dapatkan”.

Doa adalah salah satu bentuk penghambaan kita kepada Allah. Doa juga merupakan senjata bagi kita. Untuk itu, agar bacaan surat al Waqiah yang telah kita baca semakin sempurna, maka akan lebih baik jika kita menyempurnakannya dengan memunajatkan doa kepada Allah. Hanya kepada Allah lah kita meminta perlindungan dan pertolongan, Allah sangat menyukai hamba-Nya yang dengan sepenuh hati mau berdoa dan memohon kepada-Nya.


Doa Al Waqiah


Artinya :
Yaa Allah sesungguhnya aku memohon kepadaMU dengan kebenaran dari surat Waqi’ah dan rahasia2 nya. Supaya Engkau berkenan memudahkan rejekiku dan sebagaimana Engkau memudahkannya untuk kebanyakan makhlukMu, Yaa Allah, Ya robbal ‘alamin.

Jadi, apa yang selanjutnya dapat kita lakukan?

  • Rutin membaca surat al Waqiah setiap hari (setelah shalat Shubuh dan setelah shalat Ashar).
  • Pelan-pelan mengajak keluarga, suami, istri dan anak untuk turut membiasakan diri membaca al-Quran, termasuk surat al Waqiah ini.
  • Untuk surat al Waqiah ini, kita harus berikhtiar secara istiqomah. Membacanya selama 3 hari, 7 hari, 21 hari dan seterusnya, semampu kita. Baca dengan ikhlas dan penuh kerelaan. Allah akan melapangkan pintu rezeki bagi kita yang rajin membaca surat al Waqiah.
  • Jangan melupakan adab membaca al-Quran.

Demikian tadi ulasan tentang surat al Waqiah atau surat kekayaan. Semoga dengan adanya tulisan ini dapat menjadi sumber wawasan baru bagi dan kita mulai bersemangat untuk merutinkan membaca surat al Waqiah beserta surat-surat lain yang ada di dalam al-Quran.

Extra Ads